PAD Dan Retribusi Wonogiri Belum Sesuai Target

Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto menyampaikan nota pengantar Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2010 dalam sidang paripurna di Gedung DPRD setempat, Senin (6/6/2011). Terungkap dalam nota itu, pendapatan asli daerah (PAD) maupun retribusi belum sesuai target.
Dari target PAD senilai Rp 65,9 miliar pada 2010 lalu terealisasi Rp 64,9 miliar atau masih kurang Rp 938,9 juta. Sedangkan pendapatan retribusi, dari target Rp 34 miliar, tercapai Rp 27,9 miliar atau masih kurang Rp 6 miliar. Penyebabnya antara lain karena tidak terpenuhinya target retribusi jasa umum.
Ditemui seusai sidang, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKAD), Edi Sutopo mengatakan banyak faktor yang menyebabkan belum tercapainya target PAD maupun retribusi daerah.
“Di antaranya berkaitan dengan intensifikasi penarikan retribusi, kurangnya pemetaan potensi daerah yang bisa meningkatkan pendapatan, kurangnya sumber daya manusia (SDM), masih adanya regulasi yang kurang mendukung, dan kesadaran masyarakat,” papar Edi.