Evaluasi PNPM Perwakilan Bank Dunia Tinjau Wonogiri

Perwakilan Bank Dunia dijadwalkan datang ke Wonogiri untuk melakukan pemeriksaan rutin pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), antara 27-30 Juni 2011 mendatang. Ada kemungkinan Bank Dunia juga memeriksa kasus dugaan penyelewengan di Kecamatan Bulukerto.
Terkait itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas), Semedi Budi Wibowo dan Kabid Penanggulangan Kemiskinan Bapermas, Sigit Purwanto, secara terpisah, Senin (20/6), mengatakan tidak akan menutup-nutupi kasus itu. Meskipun di sisi lain ada kekhawatiran hal itu akan berdampak buruk.
“Ya kalau misalnya nanti Bank Dunia menanyakan perihal kasus itu tentu akan kami sampaikan apa adanya. Kami berharap perwakilan Bank Dunia tidak memberikan sanksi, toh uang yang diduga diselewengkan bukan dana reguler dari pemerintah, melainkan keuntungan simpan-pinjam,” kata Semedi.
Kabid Penanggulangan Kemiskinan Bapermas, Sigit Purwanto menambahkan kedatangan perwakilan Bank Dunia merupakan hal yang rutin setiap beberapa waktu untuk memonitor pelaksanaan PNPM di semua daerah termasuk Wonogiri. Sejauh ini, pihaknya belum memastikan wilayah mana di Wonogiri yang akan didatangi perwakilan Bank Dunia itu. Bisa ke Bulukerto atau yang lainnya.
Mengenai kasus di Bulukerto, Sigit mengatakan saat ini Tim Penanganan Masalah (TPM) masih terus bekerja mengumpulkan data dan mengklarifikasi untuk memastikan nilai dana yang diduga ditilap oleh mantan Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Bulukerto, Karyadi Cahyo Kuncoro. “Tim kan punya waktu tiga bulan untuk melakukan