Atasi Kekeringan, PDAM Wonogiri Siap Bor Dua Titik Baru

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Sari Wonogiri siap mengebor dua titik sumber air baru di Giritontro dan Giriwoyo untuk mengatasi masalah kesulitan air bersih yang dialami warga memasuki musim kemarau beberapa pekan terakhir. Sementara di Paranggupito, jaringan akan diperluas.
Plt Direktur Utama PDAM Giri Tirta Sari, Sumadi saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (17/6/2011) mengungkapkan beberapa hari lalu pihaknya telah mengadakan pertemuan dengan camat dari tiga wilayah itu. “Camat Paranggupito mengatakan akan mengumpulkan semua kepala desa yang bisa dijangkau PDAM. Di sana airnya ada, hanya memang perlakuannya khusus. Mereka bayarnya per meter kubik yang mereka pakai. Kalau tidak pakai ya tidak bayar,” kata Sumadi.
Selain itu, menurut Sumadi, di Paranggupito risikonya juga besar. Sehingga dari tiga pompa yang ada dengan mengambil air dari sumber Waru, diaktifkan secara bergantian. “Di Paranggupito hampir semua daerah sudah terjangkau. Hanya Gendayakan yang belum karena medannya sangat sulit dan terlalu tinggi. Sedangkan untuk Giritontro dan Giriwoyo, hasil rapat kemarin direncanakan akan dilakukan pengeboran sumur baru, salah satunya di Tirtosuworo, Giriwoyo yang tanahnya sudah kami beli,” katanya.