PT Super Gasindo Jaya Produksi Mikro Bus

Produsen mobil nasional,  PT Super Gasindo Jaya (Super Gasindo), berencana untuk memproduksi kendaraan jenis mikro bus yang berbahan bakar LPG.

Super Gasindo merupakan produsen mobil lokal dengan merek Tawon dan city pick up Transformer 650 cc. Sebanyak 117 unit order untuk Transformer sedang diproduksi dan sudah pada tahap pembuatan bagian belakang (bak terbuka). CEO Super Gasindo Koentjoro Njoto mengatakan, saat ini, rencana produksi mikro bus sudah 95 persen terealisasi.

Menurutnya, pada Agustus 2011 pihaknya akan meluncurkan dan melakukan tes pasar. Rencananya, kata dia, untuk tahap awal, pihaknya akan memproduksi sekitar 20-25 unit per bulan.

“Kapasitas dari satu unit kendaraan adalah untuk 25 orang untuk duduk ditambah 15 yang berdiri. Fasilitasnya AC dan deluxe bus," kata Koentjoro di Jakarta, Selasa (21/6/2011).

Saat ini, Koentjoro mengaku rencana produksi itu masih menunggu kepastian kebijakan pajak dari pemerintah. Namun, Koentjoro memperkirakan, harga komersial mikro bus itu bisa berkisar Rp450-500 juta per unit. Kendati demikian, Koentjoro belum bisa memastikan nilai investasi untuk rencana tersebut.

"Kalau mau mengganti transportasi di Jakarta, harus benar-benar menyediakan transportasi," jelas Koentjoro.