Ijazah Ditipex Di SMAN 1 Tawangsari Sukoharjo

Puluhan siswa di SMA Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, beramai-ramai mengembalikan ijazah mereka ke sekolah setelah mendapati ada nilai yang ditipex.
Informasi yang dihimpun Espos, kasus ijazah dengan nilai ditipex di SMA Negeri 1 Tawangsari diketahui beberapa hari terakhir. Salah seorang walimurid yang enggan disebutkan identitasnya mengaku terpaksa mengembalikan ijazah karena nilai lima buah mata pelajaran ditipex. “Informasinya ada banyak siswa (yang mengembalikan). Tapi berapa persis jumlahnya saya kurang tahu. Yang jelas hari ini ijazah anak saya sendiri dikembalikan karena nilainya ada yang ditipex,” ungkapnya kepada wartawan di Sukoharjo, Jumat (10/6/2011).
Sekolah, seru dia, seharusnya tidak berani membagikan ijazah dengan kekeliruan fatal semacam itu karena akan berdampak merugikan anak didik.Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) SMP, SMA, dan SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukoharjo, Dwi Atmojo Heri, mengakui adanya pengembalian ijazah sejumlah siswa di SMA Negeri 1 Tawangsari karena nilai ditipex.
“Iya, ada beberapa siswa, tapi tidak terlalu banyak. Sekolah juga sudah kami panggil terkait persoalan itu. Kepada orangtua wali murid atau siswa yang ijazahnya juga mengandung kesalahan serupa kami justru mengimbau segera lapor dan mengembalikan kepada sekolah untuk mendapatkan penggantian,” ungkapnya saat dihubungi Espos.