Google Siap Ubah Smartphone Jadi Dompet Digital

Google dikabarkan akan meluncurkan platform pembayaran mobile yang memungkinkan orang menggunakan smartphone untuk membayar di toko-toko semudah mereka menggunakan kartu kredit.

Nantinya, Google memperkenalkan sistem tersebut pada konferensi pers di New York dengan bantuan lembaga keuangan besar yang telah bermitra dengan raksasa Internet berbasis di California untuk proyek ini.

Dilansir melalui Reuters Google telah mengundang wartawan teknologi untuk melihat 'inovasi terbaru', tetapi menolak untuk memberikan rincian.

Sistem pembayaran mobile akan mengambil keuntungan dari chip komunikasi (NFC) di smartphone yang pada dasarnya mengirimkan data transaksi keuangan dengan gelombang atau gesekan di sebuah alat check out toko.

Google membangun smartphone generasi terbaru Nexus S dengan chip NFC yang mengubah perangkat ke dalam dompet virtual, yang memungkinkan pengguna untuk 'menggesek dan membayar' untuk transaksi keuangan. Samsung membangun handset layar sentuh, yang didukung oleh sistem operasi Android mobile Google.

CEO Google Eric Schmidt mengatakan tidak lama sebelum Nexus S diluncurkan di pasar pada bulan Desember bahwa ia mengharapkan smartphone menjadi sebuah tren alat pembayaran.

"Sebuah sistem pembayaran mobile berpusat pada gadget Android dapat menambah momentum smartphone Google di pasar sangat kompetitif," katanya